Resume Artike Kategori Penerbitan


Tipe Penerbitan

Tipe penerbitan yang dilakukan oleh perpustakaan (Harrison dan Oates)

  1. Panduan Pembaca : untuk pemustaka mengetahui informasi mengenai jenis-jenis layanan perpustakaan.
  2. Daftar Bacaan : display topik-topik mutakhir untuk membantu program pendidikan masyarakat.
  3. Daftar Koleksi Baru : untuk menarik perhatian pemstaka terhadap materi yang mutakhir.
  4. Poster : untuk menyampaikan agenda kegiatan-kegiatan perpustakaan.
  5. Ulasan/Resensi Buku : untuk memutakhirkan informasi pada bidang-bidang tertentu.
  6. Panduan Terbitan berkala : untuk menginformasikan tentang berita-berita perpustakaan terbaru.
  7. Perpustakaan menerbitkan sejarah lokal, pamflet, dan kalawarta sehingga peran sebagai penerbit yang sesungguhnya dapat dimiliki oleh perpustakaan.

Tipe-tipe penerbitan tersebut merupakan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan pemustaka terhadap perpustakaan.

Kategori penerbitan

A. Penerbitan berkala
Penerbitan berkala (serial) adalah penerbitan yang dilakukan dalam rentan waktu tertentu dengan memuat beberapa artiket dengan penulis yang berbeda-beda. Sebagai contohnya adalah bibliografi, kalawarta, jurnal, majalah, dan surat kabar.
Penerbitan berkala oleh perpustakaan dapat berupa : Bibliografi, Kalawarta, dan Laporan tahunan.
Bibliografi menyajikan daftar koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan agar pemustaka dapat mengetahui daftar referensi apa saja yang mendukung materi yang ingin dicari, misalnya bibliografi ilmu komunikasi, bibliografi perpustakaan, dll.
Kalawarta merupakan analisis dan informasi kepada pemustaka seputar berita di perpustakaan, dapat berupa info koleksi baru, rencana kegiatan, dan resensi buku.
Laporan tahunan (annual report) perpustakaan merupakan bentuk laporan pertanggungjawaban perpustakaan terhadap para stakeholder-nya. Salah satu isi laporan ini adalah menyajikan hasil survei kepuasan pemustaka dan bagaimana perpustakaan dapat memenuhi kebutuhan pemustaka.

B. Penerbitan non berkala
Pada tahun 1962 UNESCO mendefinisikan Penerebitan nonberkala adalah suatu karya yang diterbitkan semuanya pada satu waktu yang sama, atau berdasar kan volumenya baik dengan interval waktu yang tak teratur maupun teratur, namun tetap pada rentan waktu satu tahun atau lebih.
Definisi oleh UNESCO tersebut membuat pemahaman yang rancu sehingga disempurnakan pada 1964 menjadi definisi standar, buku adalah penerbitan tercetak nonperiodik yang berisi setidaknya 49 halaman, diluar sampul, yang diterbitkan di satu negara dan bisa diperoleh oleh publik.
Pada dasarnya penerbitan nonberkala merujuk pada buku, entah itu ditebitkan secara tercetak maupun digital.

Tugas meresume artikel Kategori Penerbitan
oleh Anang Dwi Purwanto

Matakuliah Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional
Prodi D3 Perpustakaan
Universitas Negri Malang

Comments

  1. Hasil resume mas Anang sudah baik dan mudah dimengertiiiii, karena menjadi poin poin yang simple sehingga memudahkan dalam pemahaman. Namun ada beberapa pokok bahasan yang belum ditampilkan. Good job mas Anang.

    Dari hasil resume, saya ada sedikit kata yang mengganjal untuk saya pahami,newsletter apakah sama dengan newspaper? Dan pada dasarnya penerbitan salahsatunya merupakan hasil dari perkembangan mesin cetak yang ditemukan oleh Guttenberg, jika dikaitkan dalam proses kegiatan perpustakaan, hal hal apa saja yang harus dipatuhi dalam proses penerbitan ?
    Terima kasih mas Anang mohon pencerahannya 😂😄

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon kritik,saran, dan pesan yang membangun ya..