Formadiksi UM; Yang Muda Yang Mengabdi

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bidikmisi Berbakti #FUN2

Bidikmisi… Berprestasi Tiada Henti!
Formadiksi… Sukses!
Fun2… Yang Muda Yang Mengabdi!

Itulah jargon kegiatan Formadisi UM kali ini. Ada yang tahu apa itu Formadiksi?
Formadiksi merupakan singkatan dari Forum Mahasiswa Bidikmisi. Setiap Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan Program Beasiswa Bidikmisi diwajibkan membentuk forum ini.

Semester gasal telah berlalu, kini liburan selama dua pekan menanti mahasiswa Universitas Negeri Malang. Saat mahasiswa UM mengagendakan acara untuk mengisi dua pekan liburan semester gasal yang kebanyakan diisi dengan pulang kampung, sekelompok Mahasiswa Bidikmisi yang tergabung dalam Formadiksi UM malah mengadakan acara bakti sosial. Acara ini dinamai Bidikmisi Berbakti “Formadiksi Untuk Negeri, Padamu Negeri Kami Berbakti dan Mengabdi”, dilaksanakan pada tanggal 18-21 Desember di Dusun Krajan, Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT dan Pemerintah, karena telah dibantu menempuh pendidikan tinggi yang pada umumnya keluarga kurang mampu pasti kesulitan jika tidak ada program beasiswa semacam ini.

Desa Taji dipilih karena kondisi alamnya yang masih alami dan termasuk desa terpencil. Bukan karena tidak ada listrik, namun karena letaknya yang berada di lereng gunung Bromo yang jauh dari kawasan perkotaan membuat desa ini terpencil, sehingga cocok untuk dijadikan objek baksos. Untuk menuju desa ini dari pusat kecamatan harus melalui jalan menanjak yang berkelok-kelok sejauh tiga kilometer. Jalan yang hanya muat untuk satu kendaraan mobil bak terbuka (pick up) serta medan yang mudah longsor dengan jurang di kanan dan kiri jalan membuat perjalanan ke Desa Taji semakin seru.

Dalam empat hari ini para peserta yang berjumlah 25 peserta dengan didampingi 15 panitia mengadakan serangkaian kegiatan diantaranya yaitu: Ramah Tamah, Jika Aku Menjadi, BM Mengajar, Bersih Desa, Menanam 100 Pohon, Mengajar Ngaji, Bagi-bagi sembako, dan diakhiri dengan menikmati keindahan wisata Coban Siuk.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan sikap kepedulian serta peka sosial mahasiswa terhadap masyarakat. Karena Bidikmisi harus terus berprestasi.

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Comments