Waspada Maksiat di Sekitar Kita

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

jejakislam.com
Tidak dapat kita pungkiri kemajuan zaman membuat segalanya berubah, bahkan sesuatu yang dahulunya dianggap tabu sekarang menjadi hal yang biasa. Misalnya saja, anak perempuan keluar rumah dengan pakaian yang mengumbar aurat. Jika menjumpai hal yang demikian wajib bagi kita untuk mencegahnya. Dalam hadis mengatakan jika kita menjumpai kemungkaran maka wajib bagi kita untuk mencegahnya dengan tangan, jika tidak bisa dengan lisan, dan jika masih sulit maka cukup dengan hati, dan itulah selemah-lemahnya iman.

Ketika ada orang lain melakukan maksiat namun kita seolah tidak mau urus maka kita dapat dikatakan juga bermaksiat, padahal perilaku maksiat itu ibarat balon yang besar namun ada setitik lubang kecil di sisinya, sehingga percuma saja jika kita beribadah bertahun-tahun namun masih suka bermaksiat. Selain itu dampak dari perbuatan maksiat adalah tertutupnya pintu rizki (seperti dalam hadist)

Nah, untuk menanggapi perihal ini ada beberapa tips yang perlu kita terapkan. Yang pertama seperti kalimat di atas tadi “kita menjumpai kemungkaran maka wajib bagi kita untuk mencegahnya dengan tangan, jika tidak bisa dengan lisan, dan jika masih sulit maka cukup dengan hati, dan itulah selemah-lemahnya iman”, selain itu adalah dengan beristighfar dan berazam untuk tidak melakukannya lagi.

Wallahu a’lam bis shawab…

dari: Akhi Guritno

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Comments