Dasar-Dasar Komputer dan Jaringan

Oleh Anang Dwi Purwanto
Diposting guna memenuhi tugas matakuliah Manajemen Pangkalan Data dan Jaringan Komputer

1. Komputer

1.1 Pengertian
Komputer adalah serangkaian mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti.

1.2 Sejarah dan Perkembangannya
Dalam sejarah komputer dan perkembangannya, Sempoa atau Abacus merupakan awal dari lahirnya komputer. Komputer dalam melakukan prosesnya berbentuk elektronik, yang memungkinkan untuk melakukan perhitungan yang lebih luas dan cepat. Hingga saat ini komputer dapat memproses gambar, suara, teks dan bentuk non-numerik data lainnya.


1.2.1 Sejarah Komputer Generasi Pertama (1940 – 1950)
Komputer Generasi Pertama menggunakan beberapa tabung vakum yang besar dan kompleks seperti crystal diodes, relays, resistors, dan capacitors yang membutuhkan daya listrik sebesar 150 kilowatt. Komputer elektronik pertama yang digunakan untuk umum yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer).

1.2.2 Sejarah Komputer Generasi Kedua (1955 – 1960)
Komputer Generasi Kedua muncul setelah ditemukannya transistor, yang kemudian mulai mengganti tabung vakum dalam desain komputer. Dengan transistor, daya, panas dan bentuk jauh lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Namun, masih jauh lebih besar dengan komputer sekarang ini.


1.2.3 Sejarah Komputer Generasi Ketiga (1960)
Penemuan Integrated Circuits (IC) atau dikenal juga dengan microchips, membuka jalan untuk komputer generasi ketiga. Komputer Generasi Ketiga jauh lebih kecil dengan generasi komputer sebelumnya, dengan transistor yang lebih banyak dan dibenamkan ke dalam microchips tunggal.

1.2.4 Sejarah Komputer Generasi Keempat (1971)
Microchips berbasis Central Processing Unit (CPU) pertama, terdiri dari beberapa microchips untuk komponen CPU yang berbeda. Dorongan untuk integrasi semakin besar dan miniasturisasi dipimpin menuju single-chip CPU, di mana semua komponen CPU yang diperlukan dimasukkan ke sebuah microchips tunggal yang disebut microprocessor. Microprocessor pertama yaitu Intel 4004.

1.3 Perangkat Komputer
Perangkat yang menyusun komputer dibagi atas 2 kelompok yaitu:
1.3.1 Perangkat Keras
Perangkat keras komputer adalah media yang dapat dilihat dan dipegang. Perangkat keras itu meliputi :
Stabilizer, Power Suply unit, CPU, Monitor, Speaker, Keyboard, mouse, printer,
1.3.2 Perangkat Lunak
Perangkat lunak komputer adalah peralatan penyusun komputer yang tidak berbentuk fisik, namun sangat mempengaruhi kinerja komputer,
Perangkat lunak komputer meliputi :
Sistem Operasi : Windows, Ubuntu, Debian, dan lain-lain. Sistem Aplikasi : Microsoft Office, Corel Draw, Smad AV, dan lain-lain.

1.4 Jenis-jenis komputer
1.4.1    PC atau Personal Computer
PC adalah komputer yang ditujukan untuk pemakaian satu orang atau dimiliki secara pribadi. Sebelum PC ini muncul, komputer dahulunya berwujud sangat besar, sehingga hanya dimiliki oleh perusahaan tertentu saja. PC pertama bernama Altair yang diproduki oleh MITS pada tahun 1975.
1.4.2    Komputer Desktop
Yaitu komputer yang dirancang untuk tidak dapat dipindahkan-pindahkan, atau khusus dirancang untuk diletakkan disuatu tempat seperti diatas meja kerja. Komputer jenis ini sangat banyak beredar dipasaran, terutama dikalangan perguruan tinggi, kantor dan perusahaan.
1.4.3    Laptop
Dahulu istilah laptop berbeda dengan Notebook ditinjau dari segi ukuran, namun sekarang laptop atau notebook mengacu ke maksud yang sama, yaitu komputer portable (mudah dibawa-bawa) yang terintegrasi langsung dengan monitor, keyboard, mouse pad/trackbal, processor, harrdisk, memory dan peripheral lainnya dengan ukuran yang kecil dan ringan. Kemampunya bahkan melebihi komputer dekstop maupun PC..
1.4.4    PDA, Personal Digital Assistants
PDA adalah komputer canggih yang menggunakan flash memory sebagai pengganti media penyimpanan. PDA tidak memiliki keyboard, namun menggunakan teknologi layar sentuh (touchscreen) sebagai media input. PDA mempunyai ukuran yang sangat kecil, sedikit diatas ukuran handphone dan dapat dengan mudah dibawa kemana-mana.
1.4.5    Komputer Workstation
Workstation sebenarnya adalah komputer desktop yang memiliki kelebihan utama dalam hal kemampuan prosesor, memory yang besar, dan kemampuannya dalam menjalankan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan performa tinggi, seperti aplikasi 3 dimensi, grafik, multimedia dan lain sebagainya.
1.4.6    Komputer Server
Server adalah komputer diperuntukan untuk menyediakan layanan terhadap komputer lainnya (client) dalam sebuah jaringan. Komputer server memiliki prosesor yang powerfull, memory yang besar dan kapasitas harddisk yang lebih besar.
1.4.7    Komputer Mainframe
Adalah komputer dengan ukuran besar yang mampu melayani ratusan program aplikasi secara bersamaan, mendukung puluhan bahasa pemrograman yang berbeda, mampu menyimpan dan mengakses library rutin dengan kapasitas yang besar, mampu melayani ratusan transaksi secara bersamaan, bahkan lebih dan kelebihan lainnya. Komputer ini biasanya berfungsi sebagai pusat data pada perusahaan besar. Namun dengan perkembangan zaman, komputer-komputer terbaru saat ini secara bertahap akan mampu menyaingi kelebihan dari komputer mainframe ini. Untuk ukuran yang sedang disebut dengan mini komputer dan ukuran lebih kecil disebut dengan mikro komputer.
1.4.8    Wearable Computer
Wearable Computer adalah perkembangan terbaru dalam bidang komputer, yaitu perangkat komputer menyatu seperti layaknya pakaian saja. Aplikasi-aplikasi yang biasa digunakan seperti email, database, multimedia, kalender terintegrasi langsung dengan jam tangan, handphone atau dalam bentuk lainnya. Sehingga perangkat komputer sudah menyatu dalam kehidupan kita sehari-hari.


2. Jaringan Komputer

2.1 Pengertian
Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi (peramban web).

2.2 Sejarah dan Perkembangan Jaringan Komputer
Awal mula jaringan komputer berdasarkan konsep jaringan tahun 1940’an di Amerika yang dipimpin oleh Prof.Howard Aiken dalam proyek MODEL 1 di lab.Bell dan grup riset Univ.Harvard. untuk memanfaatkan komputer bersama. Kemudian dibuat proses beruntun (Batch Processing) dengan sistem antrian.
Pada tahun 1950’an pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Dengan mulai terciptanya super komputer. Dengan sebuah komputer yang digunakan sebagai terminal atau mengepalai komputer lain. Konsep yang berdasar waktu ini dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Yang terhubung secara seri dalam jaringan (host). Proses TSS perpaduan teknologi komputer dan teknologi komunikasi.

Pada tahun 1969 DARPA(Defense Advanced Research Agency) dari departemen pertahanan Amerika. Mengadakan riset tersendiri. Yang dikenal dengan ARPANET. Di tahun 1970 lebih dari 10 komputer berhasil dihubungkan. Ketika perangkat komputer dirasa semakin mahal, maka mulai digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing).

Tahun 1972, Roy Tomlinson sukses menyempurnakan Email. Yang setahun sebelumnya dibuat untuk ARPANET. Pada tahun yang sama dikenalkan ikon @. At atau pada.

Tahun 1973 jaringan ARPANET semakin berkembang keluar Amerika Serikat. University College di London komputer pertama diluar AS yang tergabung dalam ARPANET. Di tahun yang sama dua ahli komputer Vinton Cerf dan Bob Kahm menjadi cikal bakal Internet. Dengan di presentasikan pertama kali di Universitas Sussex.

Lalu peristiwa penting tanggal 26 Maret 1976. Ketika Ratu Inggris berhasil mengirim Email dari Royal Signals and Radar Establishment di Malven.

Setahun kemudian lebih dari 100 komputer tergabung dalam ARPANET membentuk jaringan. Manfaat jaringan semakin berkembang dengan diciptakannnya newsgroup pertama tahun 1979 oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin. Disusul telepon televisi atau video link. Tahun 1981 oleh France Telecom.
Akhirnya setelah bertambahnya komputer dalam jaringan resmi dibentuk TCP (Transmission Control Protocol) di tahun 1982. Yang lebih dikenal IP (Internet Protokol).

Pada tahun 1984 dikenal sistem penamaan domain. Dan jumlah pemakai jaringan bertambah pesat 1000 lebih di tahun 1984 dan mencapai lebih dari 10000 di tahun 1987.

Jarkko Oikarinen seorang berkebangsaan Finlandia tahun 1988 memperkenalkan IRC (Internet Relay Chat) untuk berinteraksi langsung dengan mengirim pesan atau Chatting.  Ini menambah pengguna jaringan hingga tidak kurang dari 100000 dalam sebuah jaringan.

Tahun paling bersejarah, pada pertengahan tahn 1990 Tim Berners Lee merancang program penyunting dan penjelajahan dengan membentuk jaringan. Disebut Waring Wera Wanua atau WWW (Word Wide Web). 

Di tahun 1992 lebih dari sejuta komputer terhubung membentuk jaringan. Dan muncullah istilah Surfing atau menjelajah. 1994, situs di internet tumbuh hingga 3000 alamat. Dan mulailah muncul berbelanja melalui internet dan ditahun yang sama Yahoo! Didirikan.

2.4 Klasifikasi Jaringan Komputer

2.4.1 Berdasarkan letak geografisnya
  • LAN
  • MAN
  • WAN
2.4.2 Berdasarkan fungsinya
  • Klien-Server
  • Peer to peer
2.4.3 Berdasarkan topologinya
  • Topologi bus
  • Topologi bintang
  • Topologi cincin
  • Topologi mesh
  • Topologi pohon
  • Topologi linier
2.4.4 Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
  • Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer peladen.
  • Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.

2.4.5 Berdasarkan media transmisi data
  • Jaringan berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
  • Jaringan nirkabel(Wi-Fi)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

Daftar Rujukan
-. Mengenal Dunia Komputer . (online) http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/sb1-1.html, diakses 31 Agustus 2015
-. 2012. Jaringan Komputer : Sejarah dan Perkembangan Singkat. (online). http://anisahp.blogspot.com/2012/03/jaringan-komputer-sejarah-dan.html, diakses 1 September 2015
-. 2013. Sejarah Komputer dan Perkembangannya. (online) http://ilmupengetahuan.org/sejarah-komputer-dan-perkembangannya/, diakses 31 Agustus 2015
-. 2015. Jaringan Komputer. (online). https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer, diakses 1 September 2015
Divisi Penelitian dan Pengembalian MADCOM. 2003. Dasar Teknisi Instalasi Jaringan Komputer. Yogyakarta: Andi
Prabantini, Dwi. 2007. Seri Pupuler: Tanya Jawab Permasalahan Kompter. Yogyakarta : Andi
Yuhefizar. Mengenal Jenis-Jenis Komputer. (online). http://www.ephi.web.id/index.php/8-blog/blog/267-mengenal-jenis-jenis-komputer, diakses 1 September 2015


Comments

Post a Comment

Mohon kritik,saran, dan pesan yang membangun ya..